Daun Kari Nan Sexy!

2 02 2008
daunkari.jpgBelum pernah melihat daun kari? Ternyata banyak orang belum kenal dengan daun yang termasuk bumbu andalan di dapur Sumatera ini. Bentuknya mungil dan aromanya sangat wangi. Mirip lemon dan daun jeruk yang sangat segar dan nonjok!

Di Sumatera daun kari ini dikenal dengan nama ‘daun temurui’. Pohonnya bisa tinggi dengan juntai daun yang mirip pohon kedondong. Kecil dengan ujung yang runcing. Jika sudah agak besar akan berbuah kecil-kecil mirip tekokak yang lama kelamaan menjadi hitam.


Karena aromanya yang sangat khas daun ini banyak dipakai untuk bumbu kari, gulai dan makanan berbahan seafood. Setelah direbus dengan kuah/air atau digoreng aromanya justru menjadi lebih tajam. Sering orang menambahkan daun kari ini untuk nasi kuning. Saat kukusan dibuka, aroma wangi sangat menusuk hidung. Selain itu untuk campuran nasi goreng udang atau teri. Aroma nasi goreng jadi harum dan daun kari bisa meredam aroma anyir seafood.

Bukan hanya di Sumatera di Malaysia, Thailand dan Singapura, daun kari juga populer untuk bumbu aneka kari. Yang paling akhir, daun kari ini jadi bumbu wajib, udang goreng sereal. Maklum saja aroma gurih sereal jadi makin hebat dengan sentuhan wangi daun kari. Menurut banyak orang daun kari ini benar-benar bumbu dapur yang paling sexy aromanya.

Sumber: Berbagai Sumber


Aksi

Information

2 responses

24 05 2009
Eka Budianta

Bahasa latinnya apa?
Trims

24 09 2009
yen

Daun kari ini bisa dibeli dimana ya?
Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: