Dana Rp 17,5 Miliar untuk situs Pariwisata Indonesia

7 12 2007

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia (Depbudpar) meluncurkan situs resmi pariwisata dalam rangka Visit Indonesia Year 2008. Situs yang beralamat di http://www.my-indonesia.info ini dimaksudkan sebagai worldwide tourist information center untuk pariwisata di Indonesia.

Dirjen Pemasaran Depbudpar, Thamrin B. Bachri, mengatakan situs ini diharapkan bisa meningkatkan citra pariwisata Indonesia di dunia. “Diharapkan situs ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara,” ujarnya dalam jumpa pers peluncuran My-Indonesia.info di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/12/2007).


Ratna Suranti, Kasubdit Promosi Elektronik Direktorat Sarana Promosi Depbudpar mengatakan dana untuk pengembangan situs ini pada 2006 mencapai Rp 2 miliar. Sedangkan pada 2007, dana yang disiapkan mencapai Rp 5,5 miliar.

“Untuk 2008 disiapkan investasi Rp 10 miliar. Itu dana untuk pengembangan situs dan promosi. Dana itu didapatkan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-red),” ujar Ratna.

Konten yang dijagokan dalam situs ini, ujar Ratna, mencakup beragam tempat tujuan wisata. “Kekuatannya adalah database tujuan yang beragam,” Ratna menambahkan.

Selain itu, Ratna mengatakan terdapat fasilitas web yang mengedepankan interaktivitas pengunjung. Salah satu fitur situs itu adalah ajang berbagi cerita mengenai tempat wisata yang pernah dikunjungi pengunjung situs.

Situs ini didukung oleh empat server yang berlokasi di empat benua, yaitu di Amerika Serikat (Benua Amerika), Singapura (Asia), Eropa, dan Australia. Lokasi server di empat benua itu dimaksudkan agar pengguna internet mancanegara yang mengakses situs ini secara otomatis dilayani oleh server terdekat.

Selain itu, My-Indonesia.info menurut Ratna telah dioptimalkan sehingga pencarian kata kunci ‘indonesia info’ atau ‘indonesia tourism’ di mesin cari Google akan menempatkan situs itu pada posisi atas. Ratna mengatakan, pada 2006, 56 persen wisatawan yang datang ke Indonesia mencari informasi tujuan wisata dari internet.

Sumber: Detikinet


Aksi

Information

2 responses

7 12 2007
Nanang Suryana

Mau dunk dapet proyek Rp 17,5 Miliar hehehehe…

Setelah saya liat webnya, kesan pertama kurang tertarikšŸ˜¦ , desainnya kurang bagus, warna dan fontnya masih gak menarik. Klo menurut saya web wisata itu harus menarik dan indah, klo dah menarik orang senang mengunjunginya.

Ingat kesuksesan bisa tercapai dan di tentukan dari kesan pertama!
ingat! ingat! ingat! hehehehehe……

17 12 2007
synta[X]begin

Selamat atas terbangunya website ini….
salute….(gimana gak salut 17,5 M, booo)itu klo ditarok di kost gw duitnya ya gak muat…he he
17,5 M, selain buat website ini enaknya diapainya ??????
buat my-indonesia.info ??? capek dehhh…
usulku 80% dari 17,5 M; dipostin aja ke subsidi pedidikan (kasian tuh depdiknas 20% anggaran pendidikan-nya itupun realitasnya berapa persen), INDONESIA YES…, KORUPSI YES…

Thank’s
synta[X]begin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: