Di bawah bayang-bayang Google

5 12 2007

Google benar-benar raksasa dalam dunia internet. Sekarang kita punya mesin pencari yang berbasis Google, email, aplikasi perkantoran, blog, peta satelit… Tentu kita lebih suka apabila tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk layanan tersebut, setiap orang berhak menentukan pilihannya sendiri dan harus sanggup menanggung segala resikonya.


Tentu saja dan pasti, semua aktifitas yang kita lakukan pada aplikasi Google dicatat (ter-log) – pencarian, email, bahkan dokumen yang dibuka dengan Google Docs tersimpan di server mereka. Dan jangan lupa bahwa suatu saat nanti semua itu bisa dipakai melawan kita. Mungkin memang sedikit paranoid, tetapi mempertimbangkan ide terbaru Google, kita benar-benar harus menjaga privasi kita.

Ini tentang proyek bernama 23andMe (investornya adalah Google dan New Enterprise Associates – NEA). Layanan ini menawarkan analisis DNA yang bergaya halaman jejaring sosial. Cukup dengan contoh air ludah sudah cukup untuk melaksanakan tes dan setelah beberapa minggu hasilnya akan diposting online. Saat database bertambah besar, bisa juga menolong spesialis untuk menemukan bahaya-bahaya melalui DNA. Sepertinya hal tersebut merupakan ide yang cemerlang, tetapi jangan lupa bahwa mereka (23andMe) juga menyimpan data individual – juga penyakit dan yang sejenis yang merupakan data sensitif dan sangat intim. Privasi dalam kasus ini harus dijaga pada level yang lebih tinggi lagi, dan karena sistem berjalan online, hanya permasalahan waktu saja, kapan ia akan menjadi target serangan cyber.

Selain itu, Google juga mempunyai beberapa proyek menarik berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa ide memang sangat bagus dan kita percaya ada tujuan baik dibalik itu, seperti dalam proyek pembiayaan pembaruan energi (dan kontribusi mereka dalam penghematan energi adalah Blackle.com). Intinya Google sedang berusaha menjamah ke dalam semua lahan dan mereka menyimpan banyak informasi tentang kita, kebutuhan kita, aktifitas kita… Pikirkan baik-baik sebelum anda melangkah.

Sumber: Zone-H Indonesia


Aksi

Information

One response

5 12 2007
Nanang Suryana

Klo menurut saya sih, kita gunakan aja manfaatnya. Tapi kita juga harus tetap waspada.

Untuk saat ini jasa Mbah Google sangat besar bagi perkembangan dunia teknologi di dunia.

Thx Google.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: