NASA Beberkan Rincian Misi Berawak ke Mars

3 12 2007

HOUSTON, Meski sudah digambar-gemborkan sejak 3 tahun lalu, NASA baru kali ini membeberkan secara rinci rencana misi berawaknya ke Mars. Rincian konsep proyek antariksa yang menjadi ambisi AS tersebut disampaikan dalam sebuah pertemuan di Houston, Texas.

Rencana misi ke Mars telah disuarakan AS sejak Januari 2004. Saat itu, Presiden George W. Bush menyatakan ambisi bangsanya meluncurkan kembali program pengiriman astronot ke Bulan pada tahun 2020 dan menyusul ke Mars.


Namun, sampai tiga tahun program berjalan, rencana ke Mars belum pernah dibeberkan terperinci. Baru kali ini target peluncuran wahana berawak ke Mars dijelaskan. Laporan yang ditulis Bret Drake, pejabat NASA di Robotic and Human Lunar Expeditions Strategic Roadmap Committee dipresentasikan dalam pertemuan Kelompok Eksplorasi dan Analisis Bulan.

Misi mendaratkan manusia ke Mars diharapkan dapat dilakukan pada tahun 2031. Biaya yang dibutuhkan sekira 20 miliar dollar AS hingga 450 miliar dollar AS.

Wahana yang akan digunakan akan didodorng tiga atau empat roket Ares V yang akan dirakit di orbit rendah atau pada ketinggian sekitar 1.000 kilometer dari permukaan Bumi. NASA akan memilih awak seminimal mungkin agar beban wahana tak lebih dari 400.000 kilogram. Bahan bakar yang digunakan merupakan sistem propulsi cryogenic tingkat tinggi yang tahan pada suhu sangat rendah.

Roket Ares V merupakan pendorong wahana Orion yang dikembangkan NASA untuk menggantikan wahana ulang alik. Misi ke Bulan juga menggunakan wahana tersebut.

Misi akan berlangsung sekira 30 bulan. Perjalanan dari Bumi-Mars dan sebaliknya masing-masing diperkirakan membutuhkan waktu enam hingga tujuh bulan. Astronot akan mendarat di permukaan Mars dan menghabiskan waktu selama 16 bulan. Selama tinggal di Mars, mereka akan memanfaatkan sumber bahan bakar nuklir yang dibawa dari Bumi.

Daur ulang

Wahana kargo yang membawa logistik dan semua pendukung kehidupan bagi astronot akan diluncurkan lebih dulu pada Desember 2028 dan Januari 2029. Dengan paket tersebut, para astronot bahkan dapat menanam jenis sayur dan buah-buahan selama di Mars.

Namun, NASA memberi catatan bahwa logistik yang dibawa akan sanagt terbatas sehingga astronot harus benar-benar berhemat, menggunakan semua bekal secara efisien, dan dapat memperbaiki setiap jenis kerusakan yang ditemui. Wahana yang digunakan sendiri dilengkapi sistem hidup melingkar yang dapat mendaur ulang udara dan air yang dibawa. Tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh di dalam wahana untuk memberikan dukungan psikologis bagi astronot selama misi yang panjang.

Namun, rencana tersebut belum bersifat permanen. NASA masih harus memastikan solusi terbaik untuk mencegah paparan radiasi kosmos tingkat tinggi yang dapat membahayakan para astronot. Selain itu, harus dipilih peralatan medis yang sesuai untuk diagnosis dan pengobatan terhadap penyakit atau luka.

NASA berencana melakukan tes dan ujicoba di Bulan untuk menyempurnakan teknologi yang dibutuhkan untuk misi ke Mars.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: